Cara Mengatasi Flu Pada Bayi Secara Aman dan Nyaman

Cara Mengatasi Flu Pada Bayi - Bagaimana Cara Mengatasi Flu Pada Bayi usia 0 - 6 bulan secara aman ? Pada saat kondisi seperti itu ibu diharuskan mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi tersumbatnya hidung pada bayi. Hal ini dikarenakan bagi kita sebagai seorang ibu pasti sangat merasa cemas ketika saat itu bayi mengalami kesulitan untuk tidur, rewel, dan juga kesulitan untuk bernafas yang dikarenakan sang bayi sedang menderita sakit flu.

Hidung tersumbat pada bayi adalah suatu masalah yang biasa dan umum terjadi ketika bayi flu pilek, terutama pada bayi usia dibawah 6 bulan yang harus ditangani cara mengobati bayi pilek secara tradisional. Hidung tersumbat pada bayi merupakan suatu peradangan kecil pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan lapisan pada jaringan hidung membengkak, yang menimbulkan dampak bayi susah tidur, rewel, dan sebagainya.

Oleh karenanya disini kita akan belajar tentang cara mengatasi flu pada bayi baru lahir. Jika anda termasuk salah satu golongan orang tua baru yang baru belajar pada anak pertama, sebaiknya ajak orang tua untuk membantu mendampingi anda. Dan berikut adalah cara umum yang biasa dilakukan :

Cara Mengatasi Flu Pada Bayi Secara Aman dan Nyaman

Cara Mengatasi Flu Pada Bayi Secara Aman dan Nyaman

1. Penguapan secara alami
  • Salah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah dengan cara penguapan atau inhalasi. Anda dapat melakukan cara inhalasi yang alami ini di rumah. Caranya anda dapat memberikan uap dari air panas yang sudah ditetesi oleh minyak telon. Ini sangat mudah, anda hanya harus meletakan ember kecil yang berisi air panas dan telah ditetesi sedikit minyak telon di pojokan ruangan. Biarkan bayi anda menghirup uap dari air tersebut. Hal ini sedikitnya bisa membantu bayi anda dalam melegakan hidung yang tersumbat. Dan juga dapat menggendong bayi anda dengan membantunya untuk telungkup pada kedua tangan anda serta posisikan bayi anda dengan wajah berada di atas ember yang berisi air hangat. Hal tersebut dapat membantu bayi untuk menghirup uap dari air hangat tersebut.
2. Pijat hidung bayi anda.
  • Pijatlah dengan lembut hidung bayi pada area atas hidung dan alis dengan sedikit mengoleskan minyak telon, ini sangat membantu dalam melegakan tersumbatnya hidung bayi. agar lendir yang ada di dalam hidung bayi keluar, anda dapat menekan secara lembut dengan memakai sapu tangan atau cotton bud di sekitar hidung bayi. Namun anda harus berhati-hati, gunakan sapu tangan yang sangat lembut dan jangan memasukan cotton bud terlalu dalam ke hidung bayi.
3. Hangatkan tubuh bayi.
  • Berikan selalu rasa hangat pada bayi yang hidungnya tersumbat. Ini dapat melegakan pernafasan dan memberikan kenyamanan pada bayi anda. Anda dapat memandikan bayi anda menggunakan air hangat kemudian menjemur bayi pada saat matahari masih pagi. Dengan cara seperti itu bayi dapat merasakan kehangatan juga dapat membantu mengurangi tersumbatnya hidung pada bayi. Pada saat bayi anda tertidur, sebaiknya anda mengatur suhu ruangan anda. Disarankan anda untuk tidak menggunakan AC. Suhu rendah pada AC akan memperparah keadaan hidung bayi anda. Sebelum pergi tidur, anda juga dapat mengoleskan minyak telon pada perut, punggung dan juga area dada sang bayi, sertai dengan pijatan yang lembut.
4.Atur posisi tidur pada bayi.
  • Pada saat hidung bayi anda tersumbat, mengatur posisi tidur yang baik pada bayi akan sedikit melegakan sistem pernafasan bayi. Miringkan badan bayi ketika tidur, jadi pada saat hidung kiri bayi anda tersumbat anda dapat memiringkan tidurnya ke samping kanan, jika hidung kanan yang tersumbat anda dapat memiringkannya ke samping kiri. Namun usahakan posisi kepala tetap lebih tinggi dari posisi badan bayi anda.
5. Larutan Garam.
  • Sejak dari dulu air larutan garam dipercaya bisa mencairkan ingus pada bayi. Juga memperlancar sumbatan yang terjadi pada hidung dan juga mengembalikan kealamian selaput di bagian hidung. Anda dapat melakukan cara seperti melarutkan setengah sendok makan garam pada gelas yang berisi air hangat. Kemudian masukan larutan tadi dalam semprotan untuk hidung bayi atau anda dapa menggunakan pipet bayi. Teteskan larutan tersebut ke dalam hidung bayi sebanyak dua kali. Lakukan setiap harinya minimal 3 kali. Disarankan sangat berhati hati dalam melakukannya apalagi untuk ibu baru sebaiknya meminta bantuan orang tua anda yang telah berpengalaman melakukan ini. 

Cara mengatasi pilek pada bayi yang tidak sembuh - sembuh

Meskipun pilek merupakan salah satu penyakit yang umum dialami bayi, namun ada beberapa kondisi yang membuat orang tua perlu waspada dan segera berkonsultasi dengan dokter, antara lain :
  • Pilek yang diiringi batuk dan demam lebih dari 39 derajat celsius pada anak di bawah usia 6 Atau demam mencapai lebih dari 40 derajat Celsius pada anak di atas 6 bulan. Demam berlangsung lebih dari dua hari.
  • Mata berair atau muncul kotoran mata.
  • Batuk pada bayi semakin parah atau diiringi napas yang cepat, terdengar bunyi mengi saat bayi bernapas.
  • Perubahan signifikan pada pola makan atau tidur, sering mengantuk atau rewel.
  • Bayi menangis saat menyusu sambil menggosok atau menarik telinga dan menangis ketika diletakkan di tempat tidur.
  • Pilek yang terjadi tidak membaik setelah 5-7 hari.

tips anak lainnya :
  1. Cara Aman Menjemur Bayi Baru Lahir
  2. Cara Mengatasi Bunyi "Grok - Grok" Pada Bayi Batuk Pilek

Bayi dengan daya tahan tubuh yang belum sempurna, berisiko mengalami berbagai penyakit termasuk pilek. Pilek yang disertai dengan gejala-gejala berat, harus diwaspadai dan segera konsultasikan dengan dokter. Semoga pembelajaran hari ini dapat kita rasakan manfaatnya dan semoga keluarga kita selalu diberikan kesehatan.


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.