Tips Memilih Mainan Untuk Bayi 0 - 3 Bulan Terbaik

Sebagai orang tua pasti kita selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak termasuk dalam hal Memilih Mainan Untuk Bayi 0 - 3 Bulan. Pada bulan bulan pertama bayi anda akan  terlebih dahulu belajar melihat dan mendengar sebelum bayi belajar untuk menangkap objek ataupun duduk. Pada usia ini bayi akan tertarik pada wajah manusia begitu juga dengan daya ingat wajah seseorang yang sudah mulai terekam hingga dapat mengenali anda. Benda-benda dengan warna-warna cerah memiliki daya tarik untuk bayi di usia ini.

Mainan edukatif seperti apasih yang harus diberikan orang tua kepada anak ?? Selain suara dan musik lembut sudah mulai dia kenali dan mencari sumber suara bunyi tersebut. Benda-benda yang menghasilkan suara lembut dan bergerak perlahan jauh lebih menarik bagi bayi dari pada benda yang tetap dan diam. Mainan anak bayi 0-3 bulan sebenarnya tidak banyak pilihan yang bisa diberikan sebab kegiatan mereka pada usia ini masih kebanyakan tidur dan menyusu. Mainan edukatif untuk anak 0-3 bulan adalah artinya mainan yang bisa memperkenalkan anak pada dunia di sekitarnya terutama bunyi-bunyian.

Berikut Tips Memelih Mainan Bayi Usia 0-3 Bulan yang bisa dijadikan inspirasi saat Anda membeli mainan bayi:

Tips Memilih Mainan Untuk Bayi 0 - 3 Bulan Terbaik

Tips Memilih Mainan Edukasi Untuk Bayi 0 - 3 Bulan Terbaik


1. Mainan untuk digigit (theeters)
  • Bayi secara naluriah akan memasukan benda ke dalam mulut dan mengigitnya, termasuk mainan kesayangannya. Kegiatan ini dapat merangsang indera pengecap bayi.

2. Mainan yang digantung
  • Warna warni yang dihasilkan dari mainan yang digantung menjadi daya tarik tersendiri untuk bayi anda. Mainan yang digantung akan menstimulasi penglihatan bayi anda. Perhatikan keamanan ketika mencoba menyentuhnya usahakan dalam ikatan yang kuat sehingga mainan tersebut tidak jatuh menimpa bayi Anda.

3. Benda berwarna kontras
  • Mainan dengan warna-warna kontras mencolok tidak hanya mampu menstimulasi penglihatan bayi. Mainan tersebut juga dapat mengembangkan kemampuan motorik karena memicu bayi untuk menendang, bergoyang, dan menggapai ketika bayi berusaha meraih obyek yang menarik perhatiannya. Pilih mainan yang mengombinasikan pola hitam-putih (seperti garis-garis dan polka dot) dengan warna-warna terang.

4. Boneka karet dengan bahan lembut
  • Dengan media boneka anda dapat mengajak bayi untuk berbicara, pada usia ini mata bayi sudah memainkan peranan kontak mata. Kemampuan untuk mengenali orang disekitarnya sangat membantu anda dalam mengajaknya berbicara. Ajaklah bayi anda berbicara disela-sela aktivitasnya ketika sedang mengenakan baju atau dia sedang terjaga sehingga membuatnya mengenali suara anda dan dapat merespon kemampuannya di bulan selanjutnya.

4. Gelang gemerincing (rattle)
  • Mainan ini salah satu favorit sepanjang masa. Dapat melatih koordinasi panca indera bayi.

5. Cermin anti-pecah
  • Karena bayi Anda belum bisa banyak bergerak, dia mengeksplorasi dunia sekitar melalui mata, meskipun pandangannya masih kabur. Dia juga mengembangkan pengenalan terhadap diri sendiri sehingga dia suka memandang wajahnya. Pegang cermin mainan dan buat mimik lucu, julurkan lidah sambil mengeluarkan bunyi-bunyian, atau Anda bergerak-gerak untuk menarik perhatian bayi.

6. Berguling-guling
  • Letakkan mainan di samping dekat bayi.Awalnya bantu ia meraih mainan tersebut dengan menggulingkannya perlahan. Lama-kelamaan bayi akan belajar untuk berguling untuk meraih mainan tersebut. Namun selalu jaga agar bayi tidak terjatuh.

7. Benda berwarna kontras
  • Mainan dengan warna-warna kontras mencolok tidak hanya mampu menstimulasi penglihatan bayi. Mainan tersebut juga dapat mengembangkan kemampuan motorik karena memicu bayi untuk menendang, bergoyang, dan menggapai ketika bayi berusaha meraih obyek yang menarik perhatiannya. Pilih mainan yang mengombinasikan pola hitam-putih (seperti garis-garis dan polka dot) dengan warna-warna terang.

8. Ajak berbicara
  • Setiap hari, ajaklah bayi bicara sesering mungkin. Bayi tidak pernah terlalu muda untuk diajak bicara. Tirukan suara dan ocehan bayi agar ia menirukan kembali suara mama. Ajak bayi untuk mendengarkan berbagai jenis suara seperti musik yang lembut, TV, orang bicara, dan lainnya

9. MP3 player atau kotak musik
  • Musik adalah salah satu cara terbaik untuk menghibur dan menenangkan bayi anda. Memainkan berbagai jenis musik yang lembut dapat menyempurnakan pendengarannya. Jangan terlalu didekatkan di telinga apalagi dengan volume yang keras.


Pemilihan mainan bayi yang tepat sangat penting, selain agar tidak membahayakan bayi juga dapat tepat sasaran sesuai tujuan untuk mengembangkan dan mengasah motorik bayi. Selain itu peranan orang tua sangat penting untuk menunjang tubuh kembang anak ,selain menjaga saat bermain dari suatu kecelakaan kecil ataupun untuk membantu merangsang anak.


EmoticonEmoticon

Powered by Blogger.